UNIEX DI ALIHKAN

Komunitas Alumni Mata Air Tingkatkan Minat Kuliah Pelajar


Jepara, NU Online

Alumni pesantren kilat Mata Air Jepara menggelar University Expo (Uniex) untuk meningkatkan minat kuliah di kalangan pelajar, Jumat-Ahad (7-9/02). Kegiatan yang menjadi agenda utama komunitas ini berlangsung di Gedung Wanita kabupaten Jepara.



Ketua kegiatan Uniex Siti Rahayu menuturkan, kegiatan ini digelar dua tahun terakhir. “Melihat antusiasme masyarakat Jepara setahun lalu, kami terdorong untuk mengadakan acara serupa tahun ini,” tuturnya, Jumat (7/2).




Kegiatan bertema “Mengabdi Berkarya untuk Indonesia” ini akan diisi perguruan-perguruan tinggi negeri dan swasta. Selain memamerkan perguruan tinggi, Uniex juga diisi dengan seminar pendidikan, Try Out bersama SBMPTN, lomba Futsal, Karikatur, Poster, Geguritan dan lomba Stand Up Comedy, terang Rahayu. 



Manajer Mata Air Jepara Adib Khoiruzzaman mengatakan, kegiatan ini lebih mengarah pada sosialisasi PTN-PTS kepada siswa SMA sederajat se-kabupaten Jepara. Menurutnya, sosialisasi yang dilakukan selama ini belum menyeluruh.



“Sekolah di pinggiran jarang disentuh. Padahal mereka juga memiliki potensi meski dalam hal pendanaan memang kurang,” tegas Adib.



Di Jepara, terang Adib, Mata Air sudah berjalan 3 tahun. Komunitas Mata Air Foundation setiap tahun mengadakan pesantren kilat (Sanlat) sebagai bekal untuk kuliah. Peserta Sanlat dibekali dengan materi persiapan masuk ke perguruan tinggi. Materi lain yang penting adalah materi keagamaan dan kebangsaan.



“Alumni pesantren kilat Mata Air Jepara selain dipersiapkan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, kami juga memacu mereka untuk berwirausaha dan mempunyai jiwa kepemimpinan,” tandas Adib dalam Uniex yang juga dihadiri Wakil Bupati Jepara Subroto. (Rif’ul M Maulana/Alhafiz K)