UNIEX DI ALIHKAN

Mata Air Jepara Gelar University Expo

Jepara, NU Online

Komunitas Mata Air Jepara yang berada dibawah naungan Mata Air Foundation pimpinan KH A. Mustofa Bisri mengadakan University Expo 2013, Jum’at-Sabtu (1-2/2) di gedung Serba Guna Jepara. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari diisi dengan beberapa agenda diantaranya sosialisasi PTN-PTS, lomba baca puisi, poster, dan sesorah atau lomba pidato bahasa Jawa.


Ketua Panitia Ahmad Widyatmoko mengatakan, kegiatan bertujuan untuk memberikan sosialisasi PTN-PTS kepada siswa SMA sederajat se-kabupaten Jepara. Ia menilai sosialisasi yang dilakukan selama ini belum menyeluruh. Sekolah di pinggiran, sambungnya, jarang disentuh. Padahal mereka juga memiliki potensi meski dalam hal pendanaan memang kurang. 




Manajer Mata Air Jepara, Adib Khoiruz Zaman menyampaikan, University Expo merupakan agenda untuk memberikan informasi PTN-PTS kepada siswa SMA. Harapannya kegiatan bermanfaat untuk mereka yang hendak meneruskan jenjang ke pendidikan yang lebih tinggi. 



Di Jepara, terang Adib Mata Air sudah berjalan 2 tahun. Komunitas Mata Air Foundation dalam setiap tahun mengadakan Pesantren Kilat (Sanlat) sebagai bekal untuk kuliah. Saat Sanlat santri dibina materi persiapan masuk ke PT. Materi lain yang tidak kalah penting adalah materi keagamaan dan kebangsaan. 


“Materi keagamaan dan kebangsaan penting kami sampaikan agar mereka terhindar dari gerakan anti NKRI. Kami tidak ingin mereka melawan NKRI tetapi mereka adalah penerus yang menyatukan bangsa ini,” imbuhnya.  


H Subroto Wakil Bupati Jepara dalam sambutannya mewakili Bupati Jepara mengungkapkan melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap masyarakat semakin sadar membiayai anak-anaknya hingga PT. Karena lulusan PT di Jepara menurutnya masih minim yakni 0.7% lulus D1, 0.58% lulus D3 dan 2.5% lulus D4/S1.